Kamis, 28 November 2019

Mengapa Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur
Anda mengalami haid tidak teratur? Tentu hal tersebut menimbulkan berbagai tanda tanya tentang mengapa menstruasi tidak teratur. Yang jelas menstruasi tidak teratur adalah saat dimana siklus menstruasi terlambat, lewat beberapa bulan, lebih cepat, atau bahkan dalam satu bulan Anda tidak mengalami menstruasi sama sekali. Perlu diketahui, bahwasannya menstruasi merupakan proses dimana dinding rahim luruh yang disertai dengan pendarahan. 

Pada umumnya menstruasi terjadi pada 7 hari dengan siklus menstruasi 28 sampai dengan 36 hari dan berlangsung 11 hingga 13 kali dalam satu tahun. Tiap wanita yang sehat tentunya akan mengalami siklus menstruasi dengan jarak yang berbeda-beda pada setiap wanita, terkadang ada yang lebih pendek dan ada yang lebih panjang. Yang disebut dengan menstruasi tidak lancar adalah ketika siklus menstruasi terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. 
haid tidak teratur
Kemudian bisa dikatakan menstruasi tidak lancar apabila lama dari menstruasi itu juga berubah-ubah pada setiap bulannya. Kemudian volume yang juga tidak sama yakni terkadang banyak dan terkadang sedikit juga menjadi salah satu ciri menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur dapat digolongkan dalam berbagai hal.

Ciri menstruasi yang tidak teratur

Oligomenorrhea yakni dimana kondisi siklus menstruasi lebih panjang atau tidak terjadi menstruasi lebih dari 35 hari namun tidak sampai 90 hari. 

Polymenorrhe merupakan siklus menstruasi yang berlangsung dalam jarak yang pendek yakni kurang dari 21 hari. 

Amenorrhea merupakan kondisi dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu 3 bulan berturut-turut.

Metrorhagia yakni pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darahnya lebih banyak.

Terdapat beberapa faktor mengapa seseorang bisa mengalami haid tidak teratur, iya beberapa faktor diantaranya adalah masalah ringan dan beberapa lainnya merupakan masalah berat yang harus segera mendapatkan penanganan. 

Beberapa faktor diantaranya yaitu karena seorang wanita sudah mencapai masa menopasue, kemudian karena adanya alat kontrasepsi yang menyebabkan seorang wanita tidak haid, tanda kehamilan, dan masih banyak faktor lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar