Selasa, 17 Maret 2020

Perhatikan Ketika Bayi Mulai Merangkak Ya Bunda

Image result for Ketika Bayi Mulai Merangkak, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Ya Bunda!
perkembangan bayi

Perkembangan bayi dari waktu ke waktu pasti akan membawa berbagai dampak pada kehidupan bayi itu sendiri. Ada saatnya bayi yang baru lahir akan tumbuh dan berkembang sehingga bisa melakukan berbagai hal. Biasanya, bayi akan memulai fase bergerak bebas dengan fase merangkak terlebih dahulu. Fase-fase inilah yang akan membuat sang ibu akan merasa kewalahan karena harus terus mengawasi si kecil. 

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Ketika Bayi Mulai Merangkak? 

Bayi yang mulai merangkak biasanya mengalami proses penguatan tulang. Perkembangan bayi pada fase ini terjadi dalam jangka waktu lumayan cepat, sehingga bayi akan semakin aktif setiap harinya. Berikut ini berbagai tips untuk Bunda agar si kecil tidak membahayakan diri ketika mulai merangkak : 
https://www.bidansela.com/
Fase merangkak akan didahului dengan fase tengkurap. Sang ibu harus terus memperhatikan bayi pada fase ini karena bayi masih belum terlalu kuat dalam menyangga kepalanya sendiri. Selalu perhatikan bagian kepala agar nantinya kepala tidak terbentur lantai dan menyebabkan cedera. 

Kondisi lantai atau tempat tidur yang akan digunakan untuk merangkak sang bayi harus diperhatikan. Bersihkan bagian lantai yang akan ditempati si kecil untuk belajar merangkak. Hal ini dilakukan agar tidak ada bakteri dan kuman jahat yang bisa menginfeksi bayi. 

Singkirkan berbagai barang yang berpotensi untuk melukai bayi. Benda-benda tajam, berat, tumpul, maupun ringan tidak boleh ada di sekitar bayi yang sedang belajar merangkak. Apabila ini tidak diperhatikan, bisa saja barang-barang tersebut bisa memberi cedera pada bayi yang baru belajar merangkak. 

Perhatikan durasi tengkurap dan merangkak bayi. Biasanya bayi akan merengek ketika ia terlalu lelah menyangga kepalanya. Anda harus segera membalikkan posisi bayi agar nantinya kepala bayi tidak terbentur serta mengganggu perkembangan bayi. 

Biarkan bayi bebas bergerak saat mulai merangkak. Hal ini dikarenakan semakin aktif bayi bergerak, semakin cepat pula ia akan belajar merangkak dan menopang tubuhnya sendiri. Namun jangan lupakan pengawasan saat bayi mulai aktif kesana kemari. 

Berbagai tips di atas merupakan sekelumit tips yang harus Bunda perhatikan agar nantinya bayi mengalami fase merangkak dengan aman. Selamat mempraktekkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar