Senin, 27 April 2020

Berbagai Kemudahan Bertransaksi dengan E-Banking

E-Banking

E-Banking kini memang menjadi salah satu sistem pembayaran yang cukup banyak digunakan. Pasalnya e-banking sendiri menawarkan berbagai kemudahan dalam hal pembayaran. E-banking atau juga sering disebut dengan internet banking adalah suatu aktivitas yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi atau pembayaran dengan menggunakan internet dengan menggunakan website bank yang di dalamnya sudah diberikan sistem keamanan. Terdapat beberapa contoh penggunaan e-banking mulai dari ATM, sistem aplikasi perbankan, sistem penyelesaian bruto waktu nyata, sistem kliring elektronik, perbankan daring, dan sebagainya. 

Dalam penggunaanya, sebenarnya e-banking sendiri lebih mirip dengan mesin ATM yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah mulai dari transfer dana antar rekening atau antar bank, cek saldo rekening, hingga memungkinkan untuk melakukan pembayaran tagihan-tagihan seperti tagihan telepon, tagihan lisrik, tagihan kartu kredit, dan sebagainya. 



Meskipun sistem operasinya tidak jauh berbeda dengan ATM, namun ada beberapa sisi keunggulan yang ditawarkan oleh e-banking. Iya jika di ATM Anda harus mendatangi tempat mesin ATM untuk melakukan transaksi, maka dengan e-banking Anda bisa melakukan berbagai transaksi dimana saja asalkan dengan smartphone yang sudah terdaftar ke e-bankiing. Nah dengan demikian, yang jelas e-banking jauh lebih efisien dalam menghemat tenaga maupun waktu jika dibandingkan dengan ATM. Selain menawarkan berbagai kemudahan, disisi lain e-banking juga memiliki beberapa hambatan atau resiko yang diantaranya adalah sebagai berikut:


  • E-banking menjadi salah satu target dari para cybercrime yang mana nantinya akan memiliki kendala dalam hal pembuktian baik secara teknis maupun non teknis. 
  • Belum adanya antasipiasi terhadap adanya kejahatan dari kegiatan e-banking yang tergolong sudah cukup sering terjadi. 
  • Kerusakan, kehilangan, atau kerugian yang diterima oleh bank atau nasabah disebabkan oleh petugas internal atau dari manajemen bank. 
  • Belum adanya payung hukum yang mengatur tentang aktivasi e-banking secara tegas dan akurat. 

Nah itu dia seputar tentang e-banking yang saat ini cukup banyak digunakan di Indonesia. Nah bagi Anda yang bingung memilih produk e-banking, Jenius merupakan jawaban paling tepat untuk memudahkan Anda dalam berbagai transaksi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar